Kontrak Lionel Messi di Barcelona resmi berakhir, ini kerugian bagi Blaugrana

Kamis, 01 Juli 2021 | 07:59 WIB Sumber: AS
Kontrak Lionel Messi di Barcelona resmi berakhir, ini kerugian bagi Blaugrana

ILUSTRASI. Kontrak Lionel Messi di Barcelona resmi berakhir, ini kerugian bagi Blaugrana. REUTERS/Miguel Vidal

KONTAN.CO.ID - BARCELONA. Sejak tengah malam, kontrak Lionel Messi habis dan tanpa klub. Kini Leo berstatus bebas transfer dari Barcelona setelah pada 2001 menjadi pemain resmi sejak berusia 13 tahun.

Blaugrana tetap optimis dan yakin bahwa Lionel Messi akan menandatangani dengan menerima proposal klub. Faktanya, Presiden Joan Laporta mengatakan masih tenang dalam masalah kontrak bintang Argentina, dilansir dari AS.

Di Argentina, Blaugrana percaya bahwa Leo akan menandatangani kontrak baru setelah Copa America berakhir. Messi saat ini bermain di Brasil dan turnamen akan berakhir pada 11 Juli.

Bagi Messi, kompetisi ini dan tim nasional Albiceleste adalah yang terpenting. La Pulga tidak ingin apa pun mengalihkan perhatiannya untuk mencapai gelar Copa America 2021.

Baca Juga: Kontrak Lionel Messi bakal habis kurang dari 24 jam, keputusan akhir belum terlihat

Lionel Messi bersama timnas Argentina di Copa America

Kerugian Barcelona saat Kontak Lionel Messi habis

Di luar kekhawatiran pemain terbaik dalam sejarah Barcelona berstatus agen bebas, ada beberapa hal tambahan yang perlu dipertimbangkan.

Yang paling menonjol adalah saat Lionel Messi mengalami cedera selama Copa America dengan kontraknya habis. 

Pemain Argentina ini akan dikeluarkan dari perlindungan medis klub dan Barcelona tidak akan menerima kompensasi asuransi. Ini sesuai yang disepakati dari FIFA untuk cedera tersebut saat La Pulga keluar dari kontrak klub.

Baca Juga: Joan Laporta masih optimis kontrak Lionel Messi di Barcelona sesuai harapan

Lionel Messi bersama Argentina di Copa America

Ini adalah situasi yang berbeda, dengan Ousmane Dembele, cedera bersama Prancis selama Euro 2020. Ini menyebabkan sang striker absen selama empat bulan.

Selama itu Blaugrana menerima kompensasi €20.548 per hari dan maksimum satu tahun di bawah Program Perlindungan FIFA.

Laporan Catalan Sport, kontrak Lionel Messi yang masih habis, tim tidak akan dapat menggunakan gambarnya di jersey baru. Pihak Barcelona bahkan tidak bisa menjual kaus Lionel Messi untuk kampanye 2021/22 di toko resmi.

Namun di luar masalah komersial, ada pertanyaan yang mempengaruhi perencanaan Barcelona musim depan.

Tanda tangan kontrak Lionel Messi dari 1 Juli bisa dianggap sebagai perpanjangan atau penandatanganan. Presiden La Liga Javier Tebas bisa menganggapnya sebagai penandatanganan baru dan memengaruhi batas gaji Barcelona.

Selanjutnya: Misteri kontrak Lionel Messi akan terungkap, bakal terikat di Barcelona hingga 2023?

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru