Jelang UEFA Nations League 2021: 5 laga Italia vs Spanyol dalam sejarah

Rabu, 06 Oktober 2021 | 07:07 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Jelang UEFA Nations League 2021: 5 laga Italia vs Spanyol dalam sejarah

ILUSTRASI. Jelang UEFA Nations League 2021: 5 laga Italia vs Spanyol dalam sejarah


UEFA NATIONS LEAGUE - LONDON. Jelang Italia vs Spanyol di UEFA Nations League beberapa laga sebelumnya telah tersaji dalam sejarah. Pertandingan Italia berjumpa Spanyol telah tercatat sebagai laga sengit yang menarik dalam kompetisi Eropa maupun Piala Dunia.

Kemenangan Gli Azzurri di Euro 2020 menjadi sorotan karena menjadi catatan baru dengan tanpa kekalahan dari laga pembuka. Bahkan catatan milik asuhan Roberto Mancini kini 37 laga tidak terkalahkan jelang laga Italia vs Spanyol di UEFA Nations League.

Tercatat dalam sejarah beberapa laga menarik antara Italia vs Spanyol menuju laga semifinal UEFA Nations League.

Berikut 5 laga Italia vs Spanyol dalam sejarah jelang semifinal UEFA Nations League dirangkum dari AFP Sports:

Baca Juga: Jadwal UEFA Nations League 2021 sajikan Belgia vs Prancis & Italia vs Spanyol

1. Piala Dunia 1994 babak perempat final

Laga bersejarah pertama Italia vs Spanyol di Piala Dunia terjadi pada tahun 1934. Kala itu tuan rumah Gli Azzurri menang 1-0 dalam pertandingan ulang perempat final dalam perjalanannya mengangkat trofi.

Hingga 60 tahun kemudian, laga bersejarah Italia vs Spanyol tercipta di Piala Dunia Amerika Serikat pada babak perempat final.

Pada saat itu Spanyol dipandang sebagai tim yang kurang berprestasi dalam sepak bola Eropa. La Furia Roja memanfaatkan peluang jumpa Italia asuhan Arrigo Sacchi di Foxborough, Massachusetts.

Dino Baggio memberi Italia keunggulan pada menit ke-25 sebelum kontroversi terjadi di awal babak kedua.

Luis Enrique, pelatih Spanyol saat ini terjatuh di dalam kotak penalti sambil menutupi wajahnya. Benturan siku dari Mauro Tassotti membuat Enrique berdarah dan cedera patah hidung.

Jose Luis Caminero menyamakan kedudukan untuk La Furia Roja tetapi Roberto Baggio membawa Gli Azzurri menang 2-1. Tim Pizza harus kalah di final melalui adu penalti dari Brasil.

Tassotti tidak dihukum karena siku pada saat itu tetapi kemudian diberi larangan bermain delapan pertandingan. Laga berakhir dengan skor Italia vs Spanyol (2-1).

Baca Juga: Roberto Mancini akui Italia bisa sulit di UEFA Nations League, meski jawara Euro 2020

Jelang UEFA Nations League 2021: Italia vs Spanyol dalam sejarah

2. Euro 2008 babak perempat final

Laga bersejarah Italia vs Spanyol sebelumnya, La Furia Roja telah kalah dalam lima penampilan perempat final di turnamen besar jumpa Italia. Hal ini mengingat status juara dunia Italia yang berkuasa, saat bertanding di Wina pada 2008.

Tanpa Andrea Pirlo dan Gennaro Gattuso yang diskors, Italia vs Spanyol tertahan hingga akhir perpanjangan waktu.

Setelah 120 menit tanpa gol, Italia vs Spanyol ke adu penalti di mana Iker Casillas menyelamatkan bola Daniele De Rossi dan Antonio Di Natale.

Cesc Fabregas mengonversi tendangan penalti Spanyol untuk berhasil melampaui delapan besar dengan skor Spanyol vs Italia 0-0 dan Penalti 4-2. Ini merupakan rekor pertama kali La Furia Roja sejak kalah di final Euro 1984.

Spanyol kemudian mengalahkan Jerman 1-0 di final Euro 2008 dan memulai era dominasi La Furia Roja.

Baca Juga: Jelang Italia vs Spanyol, kapten Chelsea ingatkan La Furia Roja ancaman Gli Azzurri

 

 

3. Final Euro 2012

Setelah menang di laga bersejarah Piala Dunia 2010, Spanyol pergi ke Ukraina dan Polandia untuk Euro 2012. La Furia Roja datang untuk mengklaim hat-trick bersejarah.

Kampanye dimulai melawan Italia di Gdansk saat kedua tim bermain imbang 1-1. Fabregas membatalkan gol pembuka Di Natale.

Spanyol asuhan Vicente del Bosque memuncaki grup sebelum mengalahkan Prancis. La Furia Roja turut menekuk Portugal lewat adu penalti untuk mencapai final.

Italia mengalahkan Inggris melalui adu penalti di babak delapan besar dan kemudian Jerman di semifinal.

Pada partai final Italia vs Spanyol, Gli Azzurri harus tunduk oleh La Furia Roja yang sempurna Spanyol vs Italia (4-0). David Silva dan Jordi Alba mencetak gol di babak pertama.

Selanjutnya ada gol akhir oleh Fernando Torres dan Juan Mata melengkapi kemenangan laga Italia vs Spanyol kembali menjadi juara Eropa.

Baca Juga: Tak muluk-muluk, Roberto Mancini ingin skuad Italia tembus semifinal Euro 2021

Jelang UEFA Nations League 2021: Italia vs Spanyol dalam sejarah

4. Euro 2016 babak 16 besar

Hadiah Italia untuk memuncaki grup Euro 2016 di depan Belgia adalah pertemuan lain dengan Spanyol. Laga bersejarah lain Italia vs Spanyol ini adalah kesempatan untuk membalas dendam atas kekalahan Gli Azzurri di Kiev.

Italia juga mengalami Piala Dunia 2014 yang menyedihkan di Brasil, tersingkir di babak penyisihan grup. Gli Azzuri pada saat itu menjadi tim yang berbeda di bawah Antonio Conte.

Spanyol, sementara itu, sedang dalam perjalanan turun setelah juga tersingkir di babak awal di Piala Dunia 2014 Brasil.

Gli Azzurri menjadi yang teratas saat Giorgio Chiellini membuat Gli Azzurri unggul. Gianluigi Buffon menahan La Furia Roja sebelum Graziano Pelle memastikan kemenangan Italia vs Spanyol menjadi 2-0.

Baca Juga: Hasil Euro 2020 Italia vs Spanyol: Gli Azzurri tekuk La Furia Roja lewat penalti 4-2

 

 

5. Kualifikasi Piala Dunia 2018

Jelang UEFA Nations League 2021: Italia vs Spanyol dalam sejarah

Laga Italia vs Spanyol pernah terjadi di Madrid pada September 2017. Kala itu Spanyol menang 3-0 di kualifikasi Piala Dunia di Rusia.

Gelandang Spanyol Isco mencetak dua gol dan Alvaro Morata menambahkan gol ketiga La Furia Roja sehingga berakhir Spanyol vs Italia (3-0).

Italia vs Spanyol sempat bermain imbang 1-1 di Turin setahun sebelumnya. Kekalahan Gli Azzurri secara efektif mengamankan tempat pertama dan lolos.

Italia harus puas dengan play-off, yang Gli Azzurri kalah dari Swedia untuk kehilangan Piala Dunia pertama kali sejak 1958.

Selanjutnya Italia vs Spanyol bertemu kembali di semifinal Euro 2020 dengan kemenangan Gli Azzurri, dilansir dari UEFA.

Laga paling baru adalah pertemuan selanjutnya Italia vs Spanyol di UEFA Nations League yang tersaji malam nanti.

Selanjutnya: 5 Rekor Italia yang terpecahkan usai menjadi Juara Euro 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru