5 Laga bersejarah antara Italia vs Spanyol menuju semifinal Euro 2020

Senin, 05 Juli 2021 | 10:47 WIB Sumber: AFP
5 Laga bersejarah antara Italia vs Spanyol menuju semifinal Euro 2020

ILUSTRASI. 5 Laga bersejarah antara Italia vs Spanyol menuju semifinal Euro 2020. /Pool via Reuters-Dmitri Lovetsky/


KONTAN.CO.ID - LONDON. Laga Italia vs Spanyol akan tersaji pada semifinal Euro 2020. Pertandingan Italia berjumpa Spanyol telah tercatat sebagai laga bersejarah yang menarik dalam kompetisi Eropa maupun Piala Dunia.

Langkah Gli Azzurri di babak semifinal Euro 2020 menjadi sorotan karena selalu menang dari laga pembuka. Sedangkan catatan La Furia Roja. mampu membuat beberapa kali pesta gol menuju babak ini.

Sejarah mecatat beberapa laga menarik antara Italia vs Spanyol menuju laga semifinal Euro 2020.

Berikut 5 laga bersejarah di masa lalu Italia vs Spanyol jelang semifinal Euro 2020 dilansir dari AFP Sports:

Baca Juga: Daftar tim yang lolos ke babak semifinal Euro 2020, Spanyol siap bertemu Italia

1. Perempat final Piala Dunia 1994: Italia vs Spanyol (2-1)

Laga bersejarah pertama Italia vs Spanyol di Piala Dunia terjadi pada tahun 1934. Kala itu tuan rumah Gli Azzurri menang 1-0 dalam pertandingan ulang perempat final dalam perjalanannya mengangkat trofi.

Enam puluh tahun kemudian, laga bersejarah Italia vs Spanyol tercipta di Piala Dunia Amerika Serikat pada babak perempat final.

Pada saat itu Spanyol dipandang sebagai tim yang kurang berprestasi dalam sepak bola internasional. La Furia Roja memanfaatkan peluang melawan Italia asuhan Arrigo Sacchi di Foxborough, Massachusetts.

Dino Baggio memberi Italia keunggulan pada menit ke-25 sebelum kontroversi terjadi di awal babak kedua. Luis Enrique, pelatih Spanyol saat ini, terjatuh di dalam kotak penalti sambil memegangi wajahnya. Benturna siku dari Mauro Tassotti membuat Enrique berdarah dan cedera patah hidung.

Jose Luis Caminero menyamakan kedudukan untuk Spanyol tetapi Roberto Baggio membawa Italia menang. Gli Azzurri harus kalah di final melalui adu penalti dari Brasil.

Tassotti tidak dihukum karena siku pada saat itu tetapi kemudian diberi larangan bermain delapan pertandingan.

Baca Juga: Manuel Locatelli, bintang baru Italia di Euro 2020 jadi buruan banyak klub

Jelang laga Italia vs Spanyol di semifinal Euro 2020

2. Perempat final Euro 2008: Spanyol vs Italia (0-0, Penalti 4-2)

Dalam laga bersejarah sebelumnya, Spanyol telah kalah dalam lima penampilan perempat final di turnamen besar melawan Italia. Hal ini mengingat status juara dunia Italia yang berkuasa, saat bertanding di Wina pada 2008.

Tanpa Andrea Pirlo dan Gennaro Gattuso yang diskors, Italia menahan Spanyol hingga akhir perpanjangan waktu. Setelah 120 menit tanpa gol, Italia vs Spanyol ke adu penalti di mana Iker Casillas menyelamatkan bola Daniele De Rossi dan Antonio Di Natale.

Cesc Fabregas mengonversi tendangan penalti Spanyol untuk berhasil melampaui delapan besar di turnamen besar. Ini merupakan rekor pertama kali La Furia Roja sejak kalah di final Euro 1984.

Spanyol kemudian mengalahkan Jerman 1-0 di final Euro 2008 dan memulai era dominasi La Furia Roja.

Baca Juga: Hasil Euro 2020 di perempat final: Spanyol jumpa Italia pada babak semifinal

 

3. Final Euro 2012: Spanyol vs Italia (4-0)

Setelah menang di laga bersejarah Piala Dunia 2010, Spanyol pergi ke Ukraina dan Polandia untuk Euro 2012. La Furia Roja datang untuk mengklaim hat-trick bersejarah.

Kampanye dimulai melawan Italia di Gdansk saat kedua tim bermain imbang 1-1. Fabregas membatalkan gol pembuka Di Natale.

Spanyol asuhan Vicente del Bosque memuncaki grup sebelum mengalahkan Prancis. La Furia Roja turut mengatasi Portugal melalui adu penalti untuk mencapai final.

Italia mengalahkan Inggris melalui adu penalti di babak delapan besar dan kemudian Jerman di semifinal.

Pada partai final Italia vs Spanyol, Gli Azzurri terpesona oleh La Furia Roja yang brilian. Dengan David Silva dan Jordi Alba mencetak gol di babak pertama.

Selanjutnya ada gol akhir oleh Fernando Torres dan Juan Mata melengkapi kemenangan saat Spanyol kembali menjadi juara Eropa.

Baca Juga: Tak muluk-muluk, Roberto Mancini ingin skuad Italia tembus semifinal Euro 2021

 

 

4. Babak 16 besar Euro 2016: Italia vs Spanyol (2-0)

Hadiah Italia untuk memuncaki grup Euro 2016 di depan Belgia adalah pertemuan lain dengan Spanyol. Laga bersejarah lain Italia vs Spanyol ini adalah kesempatan untuk membalas dendam atas kekalahan Gli Azzurri di Kiev.

Italia juga mengalami Piala Dunia 2014 yang menyedihkan di Brasil, tersingkir di babak penyisihan grup. Gli Azzuri pada saat itu menjadi tim yang berbeda di bawah Antonio Conte.

Spanyol, sementara itu, sedang dalam perjalanan turun setelah juga tersingkir di babak awal di Piala Dunia 2014 Brasil.

Italia menjadi yang teratas saat Giorgio Chiellini membuat Gli Azzurri unggul. Gianluigi Buffon menahan Spanyol sebelum Graziano Pelle memastikan kemenangan Italia vs Spanyol menjadi 2-0.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo masih pimpin daftar top skor Euro 2020, ini penjelasan UEFA

Spanyol di Piala Dunia 2018 Russia

5. Kualifikasi Piala Dunia 2018: Spanyol vs Italia (3-0)

Pertemuan terakhir Italia vs Spanyol terjadi di Madrid pada September 2017. Kala itu Spanyol menang 3-0 di kualifikasi Piala Dunia di Rusia.

Gelandang Real Madrid Isco mencetak dua gol dan Alvaro Morata menambahkan gol ketiga La Furia Roja.

Italia vs Spanyol sempat bermain imbang 1-1 di Turin setahun sebelumnya. Hingga kekalahan Gli Azzurri secara efektif mengamankan tempat pertama dan lolos.

Italia harus puas dengan play-off, yang Gli Azzurri kalah dari Swedia untuk kehilangan Piala Dunia pertama kalinya sejak 1958.

Selanjutnya: Hasil Euro 2020 Ukraina vs Inggris: Bekuk Yellow Blue 0-4, Three Lions torehkan rekor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru