Cristiano Ronaldo masih pimpin daftar top skor Euro 2020, ini penjelasan UEFA

Senin, 05 Juli 2021 | 08:08 WIB Sumber: AS
Cristiano Ronaldo masih pimpin daftar top skor Euro 2020, ini penjelasan UEFA

ILUSTRASI. Cristiano Ronaldo masih pimpin daftar top skor Euro 2020, ini penjelasan UEFA. Pool via REUTERS/Alex Pantling


KONTAN.CO.ID - NYON. Patrik Schick berhasil mencetak gol untuk menyamai rekor 5 gol top skor Euro 2020, Cristiano Ronaldo. Striker Republik Ceko membuat gol saat melawan Denmark, mesk itersingkir dari Euro 2020.

Mengutip dari ASperolehan gol Patrik Schick cukup menyamakan gol kelima bersama Cristiano Ronaldo. Namun, bintang Portugal itu tetap di jalur dengan gelar top skor atau penghargaan Sepatu Emas Euro 2020.

Secara statistik, Cristiano Ronaldo bermain lebih sedikit untuk mencetak 5 gol dibanding Patrik Schick. Posisi kedua pemain bisa tergeser jika pemain lain yang masih bermain berhasil mencetak enam gol.

Penjelasan UEFA memuat beberapa prosedur dalam menentukan pemain sebagai top skor Euro 2020. Ini dengan kondisi dua atau lebih pemain berakhir dengan jumlah gol yang sama.

Baca Juga: Ini dia daftar top skor Euro 2020, Cristiano Ronaldo paling subur

Patrik Schick mencetak gol, Cristiano Ronaldo tetap jadi top skor Euro 2020

UEFA dapat menentukan sesuai dengan jumlah waktu bermain yang dihitung dengan satuan menit. Selain itu ada opsi lain untuk menentukan lewat hitungan assist.

Patrik Schick mengakhiri Euro 2020 dengan lima gol, termasuk satu dari titik penalti. Cristiano juga menyelesaikan dengan lima gol dengan tiga di antaranya adalah penalti.

Pemain Portugal juga memberikan satu assist, memberi umpan kepada Diogo Jota dalam kekalahan 2-4 dari Jerman. Ini yang membuat Cristiano Ronaldo  

Di tabel top skor Euro 2020, pencetak gol lainnya hampir sama tetapi telah tersingkir. Pemain tersebut antara lain Karim Benzema dari Prancis, Emil Forsberg dari Swedia, dan Romelu Lukaku dari Belgia.

Baca Juga: Awali kiprah di Euro 2020, Cristiano Ronaldo cetak dua rekor baru

Raheem Sterling berpeluang salip top skor Euro 2020, Cristiano Ronaldo

Ketiga pemain telah mencetak empat gol di kompetisi Euro 2020. Ada tiga pemain yang berpeluang menggantikan Cristiano Ronaldo sebagai top skor Euro 2020.

Raheem Sterling, Harry Kane, dan pemain Denmark Kasper Dolberg kini mencetak tiga gol. Ketiga pemain masih bisa menambah jumlah gol di semifinal Euro 2020 bahkan partai puncak final. 

Sesuai dengan peraturan UEFA, Kasper Dolberg memimpin dengan menit bermain paling sedikit yakni 158 menit dalam 3 laga. Sedangkan Raheem Sterling mampu mencetak 3 gol dalam 5 laga dengan 401 menit bermain di Euro 2020.

Baca Juga: Hasil Euro 2020 di perempat final: Denmark siap jumpa Inggris pada laga semifinal

Pencetak gol terbanyak kejuaraan Eropa sepanjang masa masih dipegang oleh Michel Platini dengan 9 gol.

Kondisi ini adalah pertama kalinya dua pemain terikat dengan lima gol di kompetisi Euro sejak edisi 2000. Patrick Kluivert dan Savo Milosevic sama-sama mencapai angka itu.

Beberapa pemain mampu mencetak lebih dari 5 gol dan menjadi top skor pada kompetisi Euro. 

  1. Michel Platini (9, 1984)
  2. Marco van Basten (5, 1988)
  3. Alan Shearer (5, 1996)
  4. Milan Baros (5, 2004)
  5. Antoine Griezmann (6 , 2016).

Selanjutnya: Daftar tim yang lolos ke babak semifinal Euro 2020, Spanyol siap bertemu Italia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru