Studi ini nilai Phil Foden jadi pemain termahal di dunia, kalahkan Kylian Mbappe

Selasa, 08 Juni 2021 | 12:07 WIB Sumber: AS
Studi ini nilai Phil Foden jadi pemain termahal di dunia, kalahkan Kylian Mbappe

ILUSTRASI. Studi ini nilai Phil Foden jadi pemain termahal di dunia, kalahkan Kylian Mbappe

KONTAN.CO.ID - LONDON. Striker Manchester City Phil Foden dinilai menjadi pemain termahal di dunia saat ini. Penelitian terbaru CIES Football Observatory mengungkap beberapa pemain usia muda yang memiliki taksiran nilai transfer yang sesuai.

Menurut CIES dikutip dari AS,  menerbitkan peringkat harga terbaru dari pesepakbola dari lima liga besar Eropa. Peneliti menilai Phil Foden, yang dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik PFA sebagai pemain termahal dengan harga €190,2 juta setara Rp 3,3 triliun.

CIES memperhitungkan sejumlah variabel untuk memunculkan hasil yang akurat. Ini termasuk usia pemain, durasi kontrak, perkembangan karir, kinerja klub, dan status klub sebagai data inflasi.

Phil Foden diikuti oleh duo Manchester United yakni Mason Greenwood dan Marcus Rashford.

Baca Juga: Studi terbaru nilai Lionel Messi pemain dengan performa terbaik di Eropa musim ini

Mason Greenwood menjadi pemain bernilai kedua versi CIES

Mason Greenwood dari Manchester United diklaim CIES memiliki nilai mencapai €178 juta atau sekitar Rp 3,1 triliun. Ini membuat posisi Greenwood diikuti oleh rekan setimnya, Marcus Rashford yang ditaksir €159,1 juta atau Rp 2,8 triliun di posisi ketiga.

Di tempat keempat adalah striker Borussia Dortmund, Erling Haaland dinilai €155,5 juta atau sekitar Rp 2,7 triliun. Sedangkan gelandang Manchester United, Bruno Fernandes €154,3 juta atau berkisar Rp 2,6 triliun yang berada di urutan kelima dalam daftar.

La Liga memiliki tiga perwakilan di 10 besar: gelandang Barcelona, Frenkie de Jong atau sekitar €138,7 juta atau sekitar Rp 2,4 triliun di tempat keenam. Rekan setimnya, Pedri González dari Spanyol mampu mencapai nilai ​​€133,2 juta atau berkisar Rp 2,3 triliun di urutan ketujuh.

Baca Juga: 7 Pemain sepak bola dengan gaji tertinggi di dunia, dominasi pemain Prancis

Kylian Mbappe diluar 10 besar pemain paling berharga versi CIES

Penyerang João Félix bernilai sekitar €127,8 juta atau Rp 2,1 triliun dari Atlético Madrid di posisi posisi kesembilan. Urutan selanjutnya ada pemain belakang Bayern Munchen dan Alphonso Davies dari Kanada atau sekitar €131,6 juta setara Rp 2,2 triliun di urutan kedelapan.

Pemenang Liga Champions, Mason Mount ditaksir € 123,6 juta yang setara Rp 2,1 trilun dari Chelsea dan Inggris melengkapi 10 besar.

Sementara bintang Prancis dari PSG, Kylian Mbappe bernilai € 118,3 juta atau sekitar Rp 2 triliun tercatat berada di posisi ke-12.

Peringkat rendah Mbappe sebagian besar dapat dikaitkan dengan fakta bahwa hanya memiliki satu tahun tersisa dengan PSG.

Selanjutnya: PSG tidak lepas Kylian Mbappe, Real Madrid bidik Erling Haaland

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru