Studi terbaru nilai Lionel Messi pemain dengan performa terbaik di Eropa musim ini

Selasa, 04 Mei 2021 | 11:14 WIB Sumber: SPORTbible
Studi terbaru nilai Lionel Messi pemain dengan performa terbaik di Eropa musim ini

ILUSTRASI. Studi terbaru nilai Lionel Messi pemain dengan performa terbaik di Eropa musim ini. RFEF/Handout via REUTERS

KONTAN.CO.ID - NYON. Lionel Messi dinobatkan sebagai pemain dengan performa terbaik di Eropa jelang akhir musim. Meskipun Messi memulai musim dengan lambat, La Pulga telah mencetak 28 gol dan 11 assist dalam 32 penampilan La Liga Spanyol.

Mengutip dari Sportbiblesejak pergantian tahun, pemain berusia 33 tahun itu mengoleksi 26 gol dan 9 assist dalam 26 pertandingan. Lionel Messi juga memenangkan 18 penghargaan Man of the Match dan menghasilkan penampilan yang berpotensi memberinya penghargaan Ballon d'Or ke-7.

Studi penilaian berdasarkan riset bernama CIES turut mengungkap bahwa mantan rekannya di Barcelona, Neymar berada di posisi kedua.

Neymar menjadi pemain dengan peforma terbaik karena telah mencetak 15 gol dalam 26 penampilan Ligue 1 meski absen dalam sejumlah laga karena cedera.

Baca Juga: Rumor Lionel Messi incar rumah baru di Paris beredar, tanda merapat ke PSG?

Neymar berada di bawah Lionel Messi pemain dengan performa terbaik musim ini

Robert Lewandowski juga telah mencetak 43 gol yang luar biasa di semua kompetisi untuk Bayern Munich dan menemukan dirinya di tempat ketiga.

CIES menempatkan bek tangguh, Joao Cancelo dari Manchester City yang merupakan pemain terbaik di Liga Inggris menurut CIES.

Rekan setim Cancelo Rodri Hernandez, Kevin De Bruyne, Ilkay Gundogan dan Riyad Mahrez semuanya berada di sepuluh besar. Manchester City telah mengarungi musim yang luar biasa dan berpotensi untuk treble musim ini.

Jesse Lingard baru mulai bermain reguler saat bergabung dengan West Ham dengan status pinjaman pada Januari. Kini pemain Inggris itu berada di posisi kedelapan setelah mampu mencatatkan 9 gol dan 4 assist dalam 11 penampilan Liga Inggris.

Baca Juga: Terpilih jadi Presiden FC Barcelona, Joan Laporta tancap gas urus masa depan Messi

Lionel Messi menjadi pemain dengan performa terbaik musim ini

Kapten Aston Villa Jack Grealish menyelesaikan sepuluh besar berkat musim yang menakjubkan di Liga Inggris. Grealish kini menderita cedera baru-baru ini dan akan absen untuk waktu yang lama.

CIES telah menggunakan indeks yang dikembangkan oleh perusahaan data olahraga bernama InStat. Studi ini fokus pada gerakan teknis yang dicapai oleh para pemain, waktu bermain, serta tingkat kompetisi tempat pertandingan dimainkan.

Dalam studi ini, hanya pemain yang telah bermain lebih dari 1000 menit di liga musim ini yang bisa dipertimbangkan. Berikut adalah daftar lengkap beserta indeks masing-masing pemain di Eropa:

Baca Juga: Barcelona siap incar Erling Haaland sebagai pewaris Lionel Messi

Berikut peringkat pemain dan nilai indeks dari hasil studi oleh CIES:

  1. Lionel Messi - 405
  2. Neymar - 381
  3. Robert Lewandowski - 371
  4. Joao Cancelo - 368
  5. Rodri Hernandez - 366
  6. Kevin De Bruyne - 366
  7. Riyad Mahrez - 365
  8. Jesse Lingard - 358
  9. Ilkay Gundogan - 357
  10. Jack Grealish - 356

Selanjutnya: Penentuan masa depan Lionel Messi di Barcelona tidak dalam waktu dekat

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru