Manchester City juara Liga Inggris musim ini, gelar ketujuh bagi sejarah The Citizens

Rabu, 12 Mei 2021 | 06:14 WIB Sumber: ESPN
Manchester City juara Liga Inggris musim ini, gelar ketujuh bagi sejarah The Citizens

ILUSTRASI. Manchester City juara Liga Inggris musim ini, gelar ketujuh bagi sejarah The Citizens. REUTERS/Carl Recine


LIGA PRIMER INGGRIS - MANCHESTER. Manchester City juara Liga Inggris untuk ketiga kalinya di bawah asuhan Pep Guardiola. Gelar tersebut muncul setelah tim urutan kedua Manchester United kalah 2-1 di kandang dari Leicester City.

Hasil di Old Trafford membuat Setan Merah mengumpulkan 70 poin dari 35 pertandingan. Manchester United tertinggal 10 poin dari The Citizens dengan 3 laga tersisa untuk dimainkan pada musim 2020-2021.

Untuk catatan klub, Manchester City juara Liga Inggris yang ketujuh sepanjang sejarah gelaran kasta tertinggi Liga Inggris, Premier League.

Terlepas dari kekalahan kandang oleh Chelsea pada akhir pekan, The Citizens menikmati keunggulan yang jelas di Liga Inggris. Manchester City sempat hanya mengumpulkan 12 poin dari 8 pertandingan pertama, yang merupakan awal terburuk sejak musim 2008-09.

Sejak saat itu The Citizens telah berada di atas dari klub lain di Liga Inggris dan mencapai puncak di paruh musim.

Baca Juga: Punya sokongan finansial, Manchester City optimistis bisa datangkan Messi musim depan

Manchester City juara Liga Inggris ketiga bersama Pep Guardiola

Setelah kalah di Tottenham Hotspur pada bulan November, Manchester City memenangkan 22 dari 27 pertandingan berikutnya. Ini termasuk dengan 15 kemenangan berturut-turut dan rekor 11 kemenangan Liga Inggris tandang berturut-turut.

Pep Guardiola mengungkap bahwa ini adalah musim dan gelar Liga Inggris yang berbeda dari musim yang lain. Guardiola mengklaim musim ini lebih sulit dari yang lain bersama dengan peluang gelar Liga Champions.

"Ini yang tersulit. Kami Manchester City akan selalu mengingat musim ini dengan cara menang yang berbeda. Saya sangat bangga menjadi pelatih di sini dan kelompok pemain ini." ungkap Pep Guardiola dikutip dari ESPN.

Gelar Liga Inggris musim ini adalah yang kelima dalam 9 tahun terakhir untuk Manchester City. Selain itu ada 2 Piala FA dan 6 Piala EFL juga ditambahkan ke daftar gelar sejak kedatangan pemilik tahun 2008, Sheikh Mansour bin Zayed al Nahyan.

Baca Juga: Manchester City bakal kejar Messi lagi di musim depan

Manchester City juara Liga Inggris ketiga bersama Pep Guardiola

Kali ini, Manchester City juara Liga Inggris dengan tidak memenangkan gelar topskor di Premier League. Pemain The Citizens tercatat tidak ada dalam daftar topskor 20 gol musim ini.

Sebelumnya, Manchester City mengukir sejarah baru dengan mengumpulkan 100 poin di Liga Inggris saat memenangkan gelar pada 2017-18. Rekor tersebut merupakan yang pertama untuk sebuah klub yang bermain di kasta tertinggi Liga Inggris Premier League.

Musim itu juga membuktikan The Citizens menyegel gelar dengan margin kemenangan 19 poin. Kondisi tersebut melampaui 18 poin yang diraih oleh Manchester United pada 1999-2000.

Kini Manchester City mencetak treble winner dengan menunggu hasil dari final Liga Champions melawan Chelsea akhir bulan ini.

Selanjutnya: 5 Pelatih Liga Inggris yang berpotensi hengkang pada musim depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru