5 Pelatih Liga Inggris yang berpotensi hengkang pada musim depan

Senin, 26 April 2021 | 15:41 WIB Sumber: Sportskeeda
5 Pelatih Liga Inggris yang berpotensi hengkang pada musim depan

ILUSTRASI. 5 Pelatih Liga Inggris yang berpotensi hengkang pada musim depan Pool via REUTERS/Michael Regan

KONTAN.CO.ID - LONDON. Musim Liga Inggris 2020-21 telah menghasilkan 4 korban pelatih yang dipecat sejauh ini. Dari 4 pelatih tersebut, yang terbaru adalah pemecatan Jose Mourinho di Tottenham Hotspur.

Sebelumnya ada pelatih Chelsea, Frank Lampard juga dibebaskan dari tugasnya di Stamford Bridge paruh pertama musim ini. Sementara Slaven Bilic dan Chris Wilder mengalami nasib serupa karena kegagalan membalikkan serangkaian hasil yang mengecewakan.

Dengan hanya beberapa pertandingan tersisa dalam Liga Inggris musim ini, tim tidak mungkin berpisah dengan pelatih hingga akhir musim. Meski begitu, pemecatan Mourinho memang sudah diperkirakan, dan terjadi jelang final Piala Carabao melawan Manchester City.

Berikut 5 nama pelatih Liga Inggris yang berpotensi hengkang musim depan, dilansir dari Sportskeeda. 

Baca Juga: 5 Pemain bergelar raja assist sepanjang sejarah Liga Inggris

5. Graham Potter - Brighton

Graham Potter, pelatih yang berpotensi hengkang dari Liga Inggris

Graham Potter telah dipuji sebagai salah satu pelatih paling menarik di Liga Inggris, tetapi Brighton dengan enggan bisa berpisah dengannya di akhir musim. Meskipun Seagulls telah memainkan sepakbola yang bagus, Brighton tidak konsisten dan mendekati zona degradasi.

Brighton memiliki skuad yang bertalenta dan memainkan sepakbola yang bagus pada hari itu. Sayangnya, Potter mendapatkan kritik mengenai penyelesaian striker yang tumpul di depan gawang.

Graham Potter adalah pelatih berbakat dan akan ada klub yang tertarik merekrutnya. Namun, diprediksi Brighton akan menggantikan Potter pada musim depan untuk memperbaiki performa di Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Pemain berbakat yang gagal berkarier di Liga Inggris

4. Sean Dyche - Burnley

Sean Dyche, pelatih yang berpotensi hengkang dari Liga Inggris

Sean Dyche saat ini menjadi pelatih terlama di Liga Inggris pada musim ini tetapi Burnley dapat mengevaluasi kembali posisinya di akhir musim ini. The Clarets saat ini berada di urutan ke-17 dalam klasemen dan bisa saja diseret ke dalam zona degradasi.

Sejak memimpin pada tahun 2012, Dyche telah dua kali mendapatkan promosi bersama Burnley. Terakhir, Burnley dapat kembali merumput di Liga Inggris pada tahun 2016.

Organisasi pertahanannya telah membuat The Clarets terkenal sulit dikalahkan selama bertahun-tahun.  Burnley dapat memutuskan untuk membuang filosofi saat ini untuk mencapai puncak yang lebih tinggi musim depan.

Artinya, ada kemungkinan Sean Dyche akan menjadi salah satu pelatih yang pergi dari klub di Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Nama calon kuat pengganti kursi pelatih milik Mikel Arteta di Arsenal

3. Roy Hodgson - Crystal Palace

Roy Hodgson, pelatih yang berpotensi hengkang dari Liga Inggris

Roy Hodgson adalah pelatih tertua di Liga Inggris dan bisa gantung sepatu musim panas ini. Pelatih Inggris yang berpengalaman telah memantapkan kapalnya di Selhurst Park dan berhasil mengumpulkan tim yang menarik dalam beberapa musim terakhir.

Dengan bakat penyerang yang baik seperti Wilfred Zaha dan Eberechi Eze, The Eagles harus mampu memanfaatkan potensinya. Crystal Palace dapat memilih untuk mendatangkan pelatih yang lebih muda untuk mewujudkan potensi penuh.

Crystal Palace juga dikaitkan dengan beberapa pelatih baru untuk musim depan. Ada kabar yang berkembang bahwa Roy Hodgson dan klub akan berpisah di akhir musim.

Baca Juga: 5 Pemain muda ini tampil apik di Liga Inggris, duo Manchester mendominasi

2. Nuno Espirito Santo - Wolverhampton Wanderers

Nuno Espirito Santo, pelatih yang berpotensi hengkang dari Liga Inggris

Bersama dengan Jorge Mendes, Nuno Espirito Santo telah menyusun proyek yang menarik di Wolves. Bahkan dengan klub Midlands kerap bergesekan dengan para pemain besar sejak kembali ke Liga Inggris pada musim 2018-19.

Pelatih asal Portugal telah menjadi salah satu tokoh terpenting dalam sejarah klub di Liga Inggris. Setelah berhasil menarik beberapa pemain kelas atas selama bertahun-tahun.

Wolverhampton Wanderers dapat tergoda untuk mencoba sesuatu yang berbeda untuk musim 2021-22. Artinya masa depan Nuno dikabarkan tergantung pada hasil akhir saat musim Liga Inggris selesai.

Nuno memelopori klub ke semifinal Liga Eropa UEFA musim lalu, tetapi Wolves telah meledak panas dan dingin dalam kampanye saat ini.

Dengan pengaruh Jorge Mendes, Wolves bisa menarik nama yang lebih besar jika memutuskan untuk melakukan perubahan pelatih.

Baca Juga: Resmi jadi pelatih Chelsea, Thomas Tuchel tancap gas bakal rekrut pemain ini

1. Mikel Arteta - Arsenal

Pelatih Arsenal Mikel Arteta

Perjalanan Mikel Arteta tidak begitu mulus bersama Arsenal pada musim ini di Liga Inggris. The Gunners telah menunjukkan tanda-tanda peningkatan yang jelas, tetapi jauh dari rekor yang didapatkan pada musim lalu.

Mikel Arteta telah memantapkan kapal sejak pemecatan Unai Emery dan menopang banyak hal. Arsenal mendapatkan kritik mengenai kreativitas bermain yang masih belum tumbuh.

Meski demikian, pelatih asal Spanyol itu telah membuktikan bahwa sedang dalam proses pengembangan dan telah memenangkan trofi di Emirates Stadium.

Kini masa depan Mikel Arteta di Arsenal hanya bergantung pada perolehan gelar yang masih bisa didapatkan yakni Liga Europa.

Maka dengan hal ini, Arsenal berpotensi untuk menggantikan posisi pelatih Mikel Arteta pada musim depan.

Selanjutnya: 5 Kandidat kuat pelatih pengganti Jose Mourinho di Tottenham Hotspur

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru