Inggris Menang Tipis 1-0 Atas Serbia di Laga Pembuka Euro 2024

Senin, 17 Juni 2024 | 05:04 WIB Sumber: Reuters
Inggris Menang Tipis 1-0 Atas Serbia di Laga Pembuka Euro 2024

ILUSTRASI. Cole Palmer, Conor Gallagher, dan Trent Alexander-Arnold dalam sesi latihan timnas Inggris untuk kompetisi EURO 2024.


EURO 2024 - Inggris mengawali kampanye Euro 2024 dengan kemenangan tipis 1-0 atas Serbia pada hari Minggu (16/6).

Gol sundulan Jude Bellingham di babak pertama memastikan raihan tiga poin penting bagi tim Tiga Singa.

Bellingham menunjukkan kualitasnya lewat sundulan kepala yang memanfaatkan umpan silang Bukayo Saka pada menit ke-13. Pemain muda berusia 20 tahun itu membawa tim finalis Euro 2020 tersebut unggul lebih dulu.

Kemenangan ini menempatkan Inggris di puncak klasemen Grup C setelah Denmark dan Slovenia bermain imbang 1-1 di laga sebelumnya.

Baca Juga: EURO 2024: Live Streaming Serbia vs Inggris, Senin (17/6) Pukul 02:00 WIB

Bellingham tampil dominan sepanjang laga, mengatur tempo serangan Inggris dan mendapat sorakan meriah dari para pendukung.

Tim asuhan Gareth Southgate bermain menyerang di awal laga, memanfaatkan pergerakan Saka dan bek kanan Kyle Walker di sisi kanan untuk mengancam pertahanan Serbia.

Namun, memasuki babak kedua, Serbia bangkit dan menekan Inggris.

Jumlah tembakan ke gawang pun tercatat rendah, hanya 11 tembakan (enam dari Serbia, lima dari Inggris) sepanjang pertandingan - yang merupakan angka terendah di Kejuaraan Eropa sejak 1980.

Baca Juga: Prediksi Line Up Belanda di Laga Polandia vs Belanda, EURO 2024 Minggu (16/6)

Bellingham menolak anggapan bahwa Inggris masih belum padu. "Saya tidak setuju dengan itu," ujarnya.

"Babak pertama menunjukkan kami bisa mencetak gol ke gawang tim manapun, dan babak kedua menunjukkan kami bisa menjaga clean sheet melawan siapapun."

Serbia meningkatkan permainan mereka di awal babak kedua setelah memasukkan Ivan Ilic untuk menggantikan Nemanja Gudelj. Striker Dusan Vlahovic kemudian mengancam gawang Inggris dengan umpan silangnya.

Pelatih Serbia, Dragan Stojkovic, memasukkan Dusan Tadic dan Luka Jovic untuk menambah daya gedor.

Baca Juga: Intip Prediksi Line Up Inggris di Laga Serbia vs Inggris, EURO 2024 Senin (17/6)

Southgate merespons dengan memasukan Conor Gallagher yang bermain energik, menggantikan Trent Alexander-Arnold yang bermain di posisi yang tidak biasa di lini tengah.

Pemain pengganti lainnya, Jarrod Bowen, mengirimkan umpan silang akurat kepada kapten Harry Kane. Sayang, sundulan Kane masih bisa ditepis oleh kiper Predrag Rajkovic di menit ke-77.

Lima menit kemudian, tembakan keras Vlahovic masih bisa diantisipasi oleh Jordan Pickford.

Inggris, dengan lini belakang yang menampilkan Marc Guehi yang tampil impresif dan Kieran Trippier yang bermain tidak pada posisi aslinya sebagai bek kiri, mampu mempertahankan keunggulan.

Baca Juga: EURO 2024: Live Streaming Polandia vs Belanda, Minggu (16/6) Pukul 20.00 WIB

Kane mengakui performa timnya tidak terlalu meyakinkan. "Secara keseluruhan ini kemenangan yang pantas. Yang penting kami bisa meraih poin," kata kapten Inggris itu.

"Ada periode di babak kedua di mana kami tertekan di kotak penalti dan kesulitan keluar, tapi ini kemenangan penting malam ini."

Selanjutnya Inggris akan menghadapi Denmark pada hari Kamis, sementara Serbia akan bertemu Slovenia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hasbi Maulana

Terbaru