Ingin Menikmati Laga UEFA EURO 2024 di Jerman? Ini Simulasi Biayanya

Senin, 10 Juni 2024 | 13:36 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Ingin Menikmati Laga UEFA EURO 2024 di Jerman? Ini Simulasi Biayanya

ILUSTRASI. Negara peserta EURO 2024


EURO 2024 - JAKARTA. Kurang sepekan, semua mata penggemar bola akan tertuju ke wilayah Eropa. Ya, Kejuaraan UEFA EURO 2024 akan mulai diselenggarakan pada 14 Juni 2024 hingga 14 Juli 2024 di Jerman.

Bagi penggemar kulit bundar, menonton turnamen besar yang diselenggarakan empat tahun sekali ini tentu menjadi impian besar. Bagaimana tidak, biaya yang dikeluarkan pun tak murah, termasuk bagi penggemar di wilayah Eropa sendiri.

Mengutip dari Forbes (10/6), perusahaan fintech global Conotoxia baru-baru ini melakukan sebuah studi yang menghitung berapa biaya bagi penggemar tim nasional Inggris untuk menonton tim kesayangannya. Hanya untuk menonton pertandingan pertama tim berjuluk Three Lions ini perlu merogoh kocek sekitar US$ 1.400 atau sekitar Rp 22,8 juta untuk dua orang. 

Baca Juga: Link Streaming Indonesia vs Filipina, Selasa (11/6): Kualifikasi Piala Dunia 2026

Secara rinci, jumlah biaya tersebut sudah termasuk harga tiket resmi UEFA yang senilai US$ 100. Ditambah, biaya penerbangan dari Inggris sekitar US$ 500, biaya hotel selama dua malam senilai US$ 500 dan sisanya untuk makanan dan minuman.

Conotoxia memperkirakan biayanya akan meningkat menjadi sekitar US$ 3.200 untuk menonton semua pertandingan grup Inggris. Itu tidak murah, tapi dibandingkan dengan Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar, yang menurut perkiraan Conotoxia akan menghabiskan biaya setidaknya US$ 6.000 bagi penggemarnya untuk menonton pertandingan penyisihan grup.

Dan tidak seperti di Qatar 2022, penggemar dapat menemukan cara untuk menonton turnamen dengan anggaran yang lebih terbatas. Di mana, penggemar bisa menggunakan pilihan lain selain pesawat seperti naik bus atau kereta api dari kota lain di Jerman atau bahkan dari negara tetangga.

Empat lokasi turnamen berada di negara bagian North Rhine-Westphalia, yang dilayani oleh Bandara Dusseldorf, namun penggemar dengan anggaran terbatas dapat terbang ke Amsterdam dan naik bus tiga jam ke Dortmund atau Dusseldorf dengan biaya sekitar US$ 20 hingga US$ 25 .

Bagi mereka yang mengemudi, harga bensin di Jerman sedikit lebih mahal dibandingkan di Inggris. Namun perjalanan dengan transportasi umum lokal gratis pada hari pertandingan bagi pemegang tiket, dan ada tiket diskon lainnya yang tersedia untuk perjalanan jarak jauh.

Baca Juga: Resmi! Ini 26 Pemain dalam Skuad Timnas Spanyol di Euro 2024

Selain itu, transportasi umum Jerman yang relatif dapat diandalkan membuat para penggemar tidak perlu tinggal tepat di dekat tempat pertandingan, dan dalam beberapa kasus bahkan dapat tinggal di kota-kota tetangga. Pertandingan pertama Inggris diadakan di Gelsenkirchen, namun bisa menghemat sedikit dengan tetap berada di dekat Essen atau Bochum.

Untuk saat ini, tiket EURO 2024 memang telah terjual habis, namun penggemar yang tidak memiliki tiket masih dapat menonton pertandingan tersebut di beberapa taman di kota tuan rumah. UEFA juga telah memperingatkan agar tidak membeli tiket di situs pihak ketiga, dengan mengatakan tiket tersebut dapat dibatalkan oleh UEFA kapan saja dan para penggemar dapat ditolak masuk atau dikeluarkan dari stadion.

Bagi penggemar yang punya banyak uang, UEFA masih menyediakan paket khusus resmi untuk sebagian besar pertandingan penyisihan grup, mulai dari US$ 1.360 hingga US$ 1.630 per orang.

Dan yang terakhir, meskipun harga bir di Qatar cukup mahal, di Jerman, satu pint bir Bitburger Pils di stadion berharga US$ 5,50.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih

Terbaru