Argentina susul langkah Kolombia, Brasil jadi tuan rumah tunggal Copa America 2021

Selasa, 01 Juni 2021 | 06:30 WIB Sumber: Sportskeeda
Argentina susul langkah Kolombia, Brasil jadi tuan rumah tunggal Copa America 2021

ILUSTRASI. Argentina susul langkah Kolombia, Brasil jadi tuan rumah tunggal Copa America 2021

KONTAN.CO.ID - RIO DE JANEIRO. Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) mengumumkan Brasil dipilih sebagai tempat baru untuk Copa America. Artinya, Argentina turut keluar sebagai tuan rumah bersama Kolombia karena pembatasan COVID-19.

Mengutip dari Sportskeeda, pekan ini nasib turnamen bersejarah masih diragukan hanya 13 hari sebelum kick-off. Ini setelah CONMEBOL mengumumkan bahwa Argentina tidak akan menjadi tuan rumah Copa America 2021.

Turnamen ini Amerika Selatan awalnya dijadwalkan berlangsung dengan Argentina dan Kolombia. Kedua negara bertindak sebagai tuan rumah bersama untuk pertama kalinya dalam sejarah kompetisi.

Namun, setelah serangkaian protes di negara itu, Kolombia dicopot sebagai tuan rumah pada 20 Mei. Terbaru, Argentina keluar juga karena meningkatnya kasus COVID-19 di negara itu.

Baca Juga: Kontrak Lionel Messi dinilai positif, keputusan tunggu rencana besar Barcelona

Argentina susul Kolombia, Copa America 2021 bakal terselenggara di Brasil

CONMEBOL bertemu pada hari Senin untuk menentukan tempat penyelenggaraan Copa America. Turnamen ini akan dimulai pada 13 Juni dan berakhir pada 10 Juli.

Kandidat baru, Brasil muncul sebagai tuan rumah untuk turnamen tersebut di akhir pertemuan terbatas CONMEBOL.

CONMEBOL juga mengumumkan bahwa tanggal mulai dan berakhir Copa America tidak akan berubah, sementara tempat-tempat baru akan segera diumumkan.

Di tengah ketidakpastian setelah pemecatan kedua tuan rumah, Chili dan Amerika Serikat juga termasuk di antara negara yang dipertimbangkan. Sementara ada juga kemungkinan turnamen ditunda selama beberapa bulan. Namun, rumor tersebut telah ditutup dengan terpilihnya Brasil sebagai tuan rumah baru.

Baca Juga: Mengingat kembali 5 momen ikonik Maradona, gol tangan Tuhan hingga menampar jurnalis

Timnas Brasil juara Copa America 2019

Turnamen edisi ke-47 seharusnya berlangsung dari 12 Juni hingga 12 Juli 2020 tetapi harus dijadwal ulang karena pandemi COVID-19. Copa America bukan satu-satunya acara olahraga global yang terpengaruh, dan seperti halnya Euro 2020 dan Olimpiade.

Copa America hanya akan melihat sepuluh negara CONMEBOL yang ambil bagian tahun ini. Catatan terakhir, negara tamu Australia dan Qatar, yang dijadwalkan tampil di turnamen tahun lalu, mengundurkan diri.

Tim-tim Amerika Selatan akan dibagi menjadi dua grup, dengan empat tim teratas dari setiap grup akan maju ke perempat final.

Perubahan tempat bisa menguntungkan juara bertahan Brasil, yang mengalahkan Peru di Estadio do Maracana di Rio de Janeiro. Kala itu, Neymar cs mengangkat Copa America 2019. Dengan turnamen bergeser ke kandang sekali lagi, kekalahan Argentina bisa menjadi keuntungan Selecao.

Selanjutnya: Neymar ingin Cristiano Ronaldo bermain bersama di PSG, ini alasannya

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru