Stadio Giuseppe Sinigaglia, Markas Como 1907 di Pinggiran Danau Como yang Ikonik

Senin, 13 Mei 2024 | 12:58 WIB   Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo
Stadio Giuseppe Sinigaglia, Markas Como 1907 di Pinggiran Danau Como yang Ikonik

ILUSTRASI. Stadion milik Como 1907,?Stadio Giuseppe Sinigaglia.


SEPAK BOLA - Nama klub Como 1907 mendadak jadi perbincangan para pencinta sepak bola dunia pasca berhasil promosi ke Serie A, kasta tertinggi kompetisi sepak bola Italia.

Sempat mengalami kebangkrutan, Como akhirnya kembali ke kompetisi sepak bola profesional pada tahun 2019 berkat suntikan dana taipan Indonesia, Michael Hartono dan Robert Budi Hartono yang memegang Grup Djarum.

Tahun 2024, legenda Chelsea FC, Dennis Wise, bergabung dengan klub sebagai penasihat dewan. Legenda sepak bola lain seperti Thierry Henry dan Cesc Fabregas juga tercatat sebagai pemegang saham minoritas Como 1907. Fabregas juga menjabat sebagai asisten manajer tim utama.

Salah satu pencetak gol terbanyak timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, juga bekerja di Como 1907 sebagai asisten pelatih sejak tahun 2022.

Djarum Group menjadikan lanskap kota Como sebagai daya tarik wisata untuk meningkatkan pemasukan klub. Stadion Como 1907, Giuseppe Sinigaglia, berdiri tepat di tepi Danau Como yang sangat ikonik.

Baca Juga: Kurniawan Dwi Yulianto, Eks-Striker Timnas Indonesia Sukses Bawa Como 1907 ke Serie A

Stadio Giuseppe Sinigaglia

Mengutip Stadium Base, stadion ini dinamai dari pahlawan perang Italia Giuseppe Sinigaglia yang berasal dari Como.

Stadion ini selesai dibangun pada tahun 1927 dan dibangun atas kehendak diktator Italia, Benito Mussolini.

Stadio Giuseppe Sinigaglia terbilang mungil karena hanya mampu menampung sekitar 13.600 penonton.

Saat ini pun masih belum jelas apakah stadion ini bisa digunakan oleh Como 1907 selama berlaga di Serie A musim 2024/2025 karena tidak memenuhi syarat.

Stadio Giuseppe Sinigaglia

Baca Juga: Como 1907 Klub Sepak Bola Seri A Italia, Milik Taipan Hartono Bersaudara Grup Djarum

Stadion mungil ini terletak tepat di pinggir Danau Como yang sangat populer di Italia. Danau ini merupakan terbesar ketiga di Italia, setelah Danau Garda dan Danau Maggiore.

Bentuknya yang serupa huruf "Y" membuat danau ini sangat mudah dikenali dari udara. Menurut sejarah, Danau Como telah menjadi tempat peristirahatan populer bagi bangsawan dan orang kaya sejak zaman Romawi.

Selama berabad-abad danau ini tumbuh menjadi objek wisata yang sangat populer dengan banyak destinasi budaya di sekitarnya. 

Tidak sulit menemukan villa mewah di sekitarnya. Bintang Hollywood seperti George Clooney dan Madonna bahkan diketahui memiliki villa di kawasan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru