Ronaldo paling subur, ini daftar top skor Euro 2020

Kamis, 24 Juni 2021 | 14:33 WIB Sumber: Kompas.com
Ronaldo paling subur, ini daftar top skor Euro 2020

ILUSTRASI. Cristiano Ronaldo masih menjadi yang paling subur, ini daftar top skor Euro 2020. Pool via REUTERS/Matthias Schrader.


EURO 2020 - Megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo tengah memimpin persaingan daftar pencetak gol terbanyak atau top skor Euro 2020. 

Terbaru, Cristiano Ronaldo berhasil menambah pundi-pundi gol ketika bersua Perancis pada laga terakhir Grup F Euro 2020 di Stadion Puskas Arena, Budapest, pada Kamis (24/6) dini hari WIB. 

Pada laga Portugal vs Perancis itu, Cristiano Ronaldo mencetak brace atau dua gol dari titik putih. Kedua gol yang dicetak Ronaldo sekaligus membawa Portugal meraih hasil imbang 2-2 kontra Perancis. 

Hasil imbang itu kemudian memastikan langkah Portugal ke 16 besar Euro 2020. Portugal lolos lewat jalur peringkat ketiga terbaik, menyusul Swiss (Grup A), Ukraina (Grup C), dan Republik Ceko (Grup D). 

Baca Juga: Ada big match Inggris vs Jerman, ini jadwal laga 16 besar Euro 2020

Ukir prestasi individu

Selain membawa Portugal lolos, Ronaldo juga mengukir prestasi individu lewat tambahan dua golnya ke gawang Perancis. Ronaldo kini menjadi top skor di panggung internasional bersama penyerang legendaris Iran, Ali Daei. 

Berdasarkan unggahan di akun Twitter FIFA, Ronaldo dan Ali Daei sama-sama mengoleksi 109 gol untuk tim nasional.

Tak berhenti di situ, Ronaldo juga berhasil melewati rekor gol milik mantan penyerang Jerman, Miroslav Klose.

Sebelumnya, Klose menjadi top skor di dua turnamen besar, Piala Dunia dan Euro, dengan total 19 gol. Gelar tersebut kini berpindah ke Ronaldo yang telah mencetak total 21 gol di Piala Dunia dan Euro. 

Baca Juga: Deretan tim yang lolos 16 besar Euro 2020, ada Belgia jumpa Portugal

Pencapaian itu menjadi pelengkap langkah Ronaldo yang sedang memimpin persaingan top skor Euro 2020 dengan koleksi lima gol. 

Namun, Ronaldo perlu waspada karena masih ada sederet pemain yang membayangi. Bomber andalan Belgia, Romelu Lukaku menjadi pesaing terdekat dengan koleksi tiga gol. 

Lukaku membayangi bersama empat pemain lain yang juga telah mengoleksi tiga gol, yakni Emil Forsberg, Georginio Wijnaldum, Robert Lewandowski, dan Patrik Schick. 

Dari lima pemain yang mengoleksi tiga gol, hanya Lewandowski yang dipastikan sudah tidak bisa menambah pundi-pundi golnya. Sebab, Polandia yang tertahan di dasar klasemen Grup E telah tersingkir dari Euro 2020. 

Baca Juga: Hasil Euro 2020 di Grup E dan Grup F: Pesta gol Spanyol hingga torehan rekor Ronaldo

Adapun empat nama lainnya, Lukaku, Forsberg, Wijnaldumm, dan Schick, masih bisa menyaingi Ronaldo karena negara yang mereka bela lolos ke 16 besar Euro 2020. 

Di bawah nama-nama itu, masih ada juga sederet pemain yang membayangi dengan koleksi dua gol, seperti Ciro Immobile dan Karim Benzema. 

Berikut 10 besar penghuni daftar top skor Euro 2020: 

5 Gol - Cristiano Ronaldo (Portugal) 
3 Gol - Romelu Lukaku (Belgia), Emil Forsberg (Swedia), Georginio Wijnaldum (Belanda), Robert Lewandowski (Polandia), Patrik Schick (Ceko) 
2 Gol - Karim Benzema (Perancis), Ciro Immobile (Italia), Memphis Depay (Belanda), Yussuf Poulsen (Denmark)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Top Skor Euro 2020 - Ronaldo Pimpin Persaingan, Lukaku Membayangi"

Penulis: Benediktus Agya Pradipta
Editor: Ferril Dennys

Selanjutnya: Hasil Euro 2020 Portugal vs Prancis: Selecao tahan dominasi Les Bleus 2-2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru