Profil Kevin Cordon, lawan Anthony Ginting di perebutan medali perunggu

Senin, 02 Agustus 2021 | 10:53 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Profil Kevin Cordon, lawan Anthony Ginting di perebutan medali perunggu

ILUSTRASI. Profil Kevin Cordon, lawan Anthony Ginting di perebutan medali perunggu

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Profil Kevin Cordon, atlet badminton Guatemala datang sebagai lawan Anthony Sinisuka Ginting. Cordon bersiap jumpa Anthony Sinisuka Ginting dalam perebutan medali perunggu badminton Olimpiade Tokyo 2020.

Di babak penyisihan grup, Kevin Cordon mengalahkan Lino Munoz dari Meksiko pada laga pertama. Cordon menekuk atlet lain, Ka-long Angus dari Hong Kong, China untuk mencapai babak 16 besar badminton Olimpiade Tokyo 2020.

Pada babak 16 besar, Kevin Cordon menang melawan atlet badminton asal Belanda Mark Caljouw. Cordon sempat kehilangan satu gim untuk pertama dalam laga tersebut.

Kejutan lain dari Kevin Cordon adalah kemenangan dua atas di perempat final atas Heo Kwang hee dari Korea Selatan.

Olimpiade Tokyo 2020 adalah kesempatan keempat untuk Kevin Cordon berlaga. Atlet berusia 34 tahun dari Guatemala telah mencapai semifinal turnamen tunggal putra. 

Kevin Cordon kalah di semifinal badminton Olimpiade Tokyo 2020 dari Viktor Axelsen dari Denmark.

Cordon harus kalah dalam dua gim 21-18 dan 21-13 dalam laga semifinal tunggal putra melawan ranking 2 dunia tersebut.

 Baca Juga: Mumpung ada Olimpiade Tokyo 2020, tonton juga deretan anime bertema olahraga ini

Perjalanan Kevin Cordon jadi atlet Badminton 

Kevin Cordon saat bertanding di perempat final badminton Olimpiade Tokyo 2020

Kevin Cordón menjadi kebanggaan besar ke tanah airnya, Guatemala. Selain itu pria 34 tahun kini didorong oleh mimpi sejak bermain di Olimpiade Beijing 2008.

Singkat cerita, nama Kevin Cordon adalah pemberian orang tua setelah mengidolakan pemain sepak bola Inggris Kevin Keegan. Kevin Cordón awalnya memendam ambisi di bidang sepak bola.

Kevin Cordon memiliki pemikiran yang berbeda untuk bisa mewakili Guatemala ke ajang Olimpiade. Hal tersebut membuat Cordon mengurungkan niat untuk mendalami sepak bola.

Kemudian, Kevin Cordon pergi ke ibu kota, Guatemala City selama bertahun-tahun untuk berlatih badminton.

Baca Juga: Rekap badminton Olimpiade Tokyo 2020: Dua ganda Indonesia maju ke semifinal

Kevin Cordon tercatat memiliki pengalaman di berbagai kompetisi Badminton Pan American dan Dunia. Tercatat Cordon memenangkan 38 gelar selama berkarir sejak 2007.

Selama berkarir sebagai tunggal putra, Kevin Cordon telah menang 393 kali dan kalah 113. Cordon sebelumnya turut bermain di nomor ganda putra dan campuran sebelum konsisten sebagai pemain tunggal.

“Alasan saya memilih bermain badminton adalah karena ajang Olimpiade. Saya mencapai impian saya di Beijing 2008, dan di Olimpiade keempat saya, saya terus memiliki mimpi yang sama, dan menikmatinya bahkan lebih dari sebelumnya.” ungkap Kevin Cordon dalam laman Olympics.com.

Baca Juga: Hasil Badminton Olimpiade Tokyo 2020: The Minions pulang, The Daddies ke semifinal

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru