Portugal vs Azerbaijan di Kualifikasi Piala Dunia: Kans Ronaldo cs raih poin penuh

Rabu, 24 Maret 2021 | 15:47 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Portugal vs Azerbaijan di Kualifikasi Piala Dunia: Kans Ronaldo cs raih poin penuh

ILUSTRASI. Portugal vs Azerbaijan di Kualifikasi Piala Dunia: Kans Ronaldo cs raih poin penuh. REUTERS/Murad Sezer


PIALA DUNIA - TURIN. Laga Portugal vs Azerbaijan akan tersaji pada laga pembuka Kualifikasi Piala Dunia 2022. Portugal akan berstatus tuan rumah untuk 'menjamu' Azerbaijan dalam pertandingan hari Kamis (25/3) pukul 02.45 WIB.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Grup A akan berlangsung di Stadion Juventus karena batasan perjalanan akibat COVID-19. Portugal vs Azerbaijan akan berusaha untuk memulai seri kualifikasi dengan catatan positif.

Portugal dan Azerbaijan dikelompokkan dengan Serbia, Republik Irlandia dan Luksemburg. Sementara itu, Qatar akan mengambil tempat tambahan di Grup A nanti.

Head-to-Head dari Portugal vs Azerbaijan masih dipegang oleh tim Selecao das Quinas, julukan skuad Portugal. Tercatat, laga Portugal vs Azerbaijan telah bentrok 6 kali di masa lalu. 

Baca Juga: 5 Laga menarik Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 Zona Eropa, cek jadwalnya

Jelang laga Portugal vs Azerbaijan di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Mengutip dari Sportskeeda, Timnas Selecao tercatat memiliki 5 kemenangan dengan pertandingan lainnya berakhir dengan kekalahan.

Pertemuan terakhir Portugal dengan Azerbaijan terjadi pada Maret 2013, di Grup F kualifikasi Piala Dunia 2014. Gol dari Bruno Alves dan Hugo Almeida membantu tim Selecao meraih kemenangan tandang 2-0.

Pertandingan terakhir Portugal menang 3-2 saat bertandang ke Kroasia dalam pertandingan terakhir penyisihan grup UEFA Nations League. Hasil itu datang setelah kalah 1-0 di kandang sendiri dari Prancis.

Azerbaijan bermain tiga kali imbang tanpa gol berturut-turut dalam tiga pertandingan terakhir UEFA Nations League.

Baca Juga: Empat negara pastikan tempat di semifinal UEFA Nations League 2020/2021

Kondisi Skuad Portugal

Kiper langganan tim Selecao, Rui Patricio tidak akan bergabung dengan skuad setelah cedera kepala mengerikan. Karena itu, Anthony Lopes akan diberi kesempatan sebagai penjaga gawang Portugal melawan Azerbaijan.

Selain itu, duet maut bek Manchester City yakni Joao Cancelo dan Ruben Dias akan turun sebagai starter di laga Portugal vs Azerbaijan.

Pemain seperti Pepe, William Carvalho, Trincao, dan Nelson Semedo semuanya absen menjelang laga pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sehingga Cristiano Ronaldo siap memimpin lini depan meski mendapat tekanan dari penyerang produktif Eintracht Frankfurt, Andre Silva.

Andre Silva bersama Cristiano Ronaldo akan menopang pemain Atletico Madrid, Joao Felix di laga melawan Azerbaijan pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Lini tengah Portugal akan diisi oleh gelandang Liga Inggris yakni, Joao Moutinho, Bruno Fernandes, dan Bernardo Silva.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo beri sinyal pensiun satu hingga dua tahun lagi

Jelang laga Portugal vs Azerbaijan di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Kondisi Skuad Azerbaijan

Kapten Azerbaijan Maksim Medvedev terlambat tiba di kamp pelatihan timnya karena alasan pribadi. Bek kanan Qarabag kini telah bergabung dengan skuad untuk memimpin timnya di laga Portugal vs Azerbaijan.

Medvedev mencetak gol kemenangan dalam satu-satunya kemenangan Azerbaijan di tahun 2020  Kala itu pemain 31 tahun tersebut menang 1-0 melawan Siprus, dikutip dari Sportsmole.

Tercayay, Medvedev merupakan pemain tertua dalam persiapan skuad De Biasi untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022..

Penyerang Anatoliy Nuriyev adalah satu-satunya pemain di tim yang tidak bermain di Liga Azerbaijan. Tercatat pemain berusia 24 tahun itu bermain di klub Liga Premier Ukraina, Mynai.

Di laga Portugal vs Azerbaijan, tim tamu akan bermain menggunakan formasi 5 bek untuk menahan gempuran tim Selecao nanti malam.

Baca Juga: Turki vs Belanda di Kualifikasi Piala Dunia: Tim Oranye siap balaskan luka lama

Prediksi Skuad Portugal vs Azerbaijan

Portugal XI (4-3-3):

Anthony Lopes; Joao Cancelo, Jose Fonte, Ruben Dias, Cedric Soares; Joao Moutinho, Bruno Fernandes, Bernardo Silva; Cristiano Ronaldo, Andre Silva, Joao Felix

Azerbaijan XI (5-4-1):

Emil Balayev: Azer Salahli, Maksim Medvedev, Badavi Huseynov, Abbas Huseynov, Anton Krisvotsyuk; Gara Garayev, Joshgun Diniyev, Khayal Najafov, Vugar Mustafayev; Ramil Sheydayey

Selanjutnya: Prancis vs Ukraina di Kualifikasi Piala Dunia: Yellow Blue bisa sulitkan Les Bleus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru