CLOSE [X]

Masih Bingung Bedanya Thomas Cup dan Uber Cup? Ini Sejarah Lengkapnya

Sabtu, 14 Mei 2022 | 08:00 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Masih Bingung Bedanya Thomas Cup dan Uber Cup? Ini Sejarah Lengkapnya

ILUSTRASI. Thomas Cup


KONTAN.CO.ID - Piala Thomas dan Uber 2022 adalah sebuah penyelenggaraan bersama turnamen bulu tangkis Piala Thomas dan Piala Uber. 

Kompetisi ini menjadi edisi ke-32 Piala Thomas dan edisi ke-29 Piala Uber. Putaran final turnamen sedang diselenggarakan di Bangkok, Thailand, pada tanggal 8 hingga 15 Mei 2022.

Lantas, apa bedanya Thomas Cup dan Uber Cup?  

Baca Juga: BWF resmi menunda kejuaraan Piala Thomas dan Uber 2020

Sejarah Thomas Cup dan Uber Cup serta bedanya

Dirangkum dari laman Badminton World Federation atau BWF, sejarah Thomas Cup bermula pada tahun 1948 dan 1949. Pada waktu itulah pertama kali terjadi pertangingan Thomas Cup atau pertandingan bulu tangkis khusus untuk tim putra. 

Sementara beda Thomas Cup dan Uber Cup adalah Uber Cup merupakan pertandingan bulu tangkis khusus tim putri terbaik. Untuk Uber Cup pertama kali dipetandingkan pada tahun 1956 dan 1957.

Ketika pertama kali dimulai, Thomas Cup berlangsung setiap tiga tahun dan merupakan turnamen internasional terbesar pertama di bidang olahraga. 

Thomas Cup diambil dari nama Sir George Thomas, pencetus ide kompetisi tersebut. Sir George Thomas juga merupakan pendiri Federasi Bulutangkis Internasional atau sekarang BWF. Dia juga seorang legenda bulutangkis dengan 21 gelar Kejuaraan All England. 

Pada waktu itu, Sir George Thomas menginginkan bahwa bulutangkis memiliki kompetensi bergengsi seperti Piala Davis dalam olahraga tenis. Ia mengusulkan kompetisi tersebut pada 1939. 

Baca Juga: BNI guyur kontingen bulu tangkis Olimpiade Tokyo dana senilai Rp 6,4 miliar

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru