Lionel Messi jadi pemenang Ballon d'Or 2021, sisihkan Jorginho dan Robert Lewandowski

Selasa, 30 November 2021 | 06:24 WIB Sumber: ESPN
Lionel Messi jadi pemenang Ballon d'Or 2021, sisihkan Jorginho dan Robert Lewandowski

ILUSTRASI. Lionel Messi jadi pemenang Ballon d'Or 2021, sisihkan Jorginho dan Robert Lewandowski


KONTAN.CO.ID - PARIS. Lionel Messi kembali menjadi pemenang Ballon d'Or 2021 sekaligus ketujuh kali dalam karir legenda Barcelona tersebut. Acara ini digelar dalam sebuah upacara di Theater du Chatelet Paris pada hari Senin (29/11) waktu setempat.

Mengutip dari ESPN, alasan Lionel Messi jadi pemenang Ballon d'Or 2021 adalah memimpin Argentina meraih Copa America 2020.

Lionel Messi mencetak sejarah bersama Argentina dengan memenangkan trofi besar pertama sejak 1993.

Karier Lionel Messi di Barcelona habis pada sebagian besar tahun 2020 dan mengakhiri catatan 21 tahun di Blaugrana.

Pada bursa tranfer musim panas lalu, Lionel Messi pergi dari Barcelona dan segera bergabung dengan PSG secara gratis.

Baca Juga: 5 Kandidat kuat pemenang penghargaan Ballon d'Or 2021

Lionel Messi jadi pemenang Ballon d'Or 2021, sisihkan Jorginho dan Robert Lewandowski

Saat ini Lionel Messi memiliki catatan lebih baik sebagai pemenang Ballon d'Or 2021, dengan dua lebih banyak dari Cristiano Ronaldo (5 kali).

Sebelumnya, Lionel Messi meraih sudah menjadi pemenang Ballon d'Or dari tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019.

“Luar biasa bisa berada di sini lagi. Dua tahun lalu saya pikir itu adalah yang terakhir. Memenangkan Copa America adalah kuncinya,” ungkap Lionel Messi dilansir dari ESPN.

Lionel Messi turut ungkap bahwa tahun 2021 merupakan momen spesial bagi striker PSG tersebut.

"Ini adalah tahun yang spesial bagi saya dengan gelar Copa America ini. Sangat berarti untuk menang di stadion Maracana dan sangat senang merayakan dengan orang-orang dari Argentina." kata Messi.

Baca Juga: Lionel Messi pilih fokus bersama PSG ketimbang pulang ke Barcelona

Pesaing berat Lionel Messi di Ballon d'Or

Lionel Messi jadi pemenang Ballon d'Or 2021, sisihkan Jorginho dan Robert Lewandowski

Lionel Messi mengalahkan 29 nominasi lain untuk nominasi pemenang Ballon d'Or 2021. Nama tersebut termasuk Robert Lewandowski yang menjadi favorit tahun lalu sebelum dibatalkan selama pandemi virus corona.

Roberti Lewandowski dinominasikan untuk jadi salah satu nominasi pemenang Ballon d'Or 2021, pasca memecahkan rekor gol tunggal Gerd Muller di Bundesliga. Pemain asal Polandia mencetak 41 gol liga musim lalu, serta memenangkan Sepatu Emas Eropa.

Adapun Robert Lewandowski dinobatkan sebagai Striker of the Year dan berada di urutan kedua setelah Lionel Messi dalam nominasi Ballon d'Or 2021.

Nominator lain dari Chelsea, Jorginho juga diperkirakan akan menerima penghargaan Ballon d'Or 2021 setelah menang Liga Champions dan Euro 2020.

Baca Juga: Ronaldo, Pele, Maradona di daftar Ballon d'Or Dream Team 2020

Gianluigi Donnarumma dari AC Milan, yang juga menjadi nominasi pemain terbaik Ballon d'Or, dinobatkan sebagai Kiper Terbaik Tahun Ini.

Sementara klub terbaik tahun ini ada Chelsea memenangkan Liga Champions dan tim putri The Blues memenangkan Liga Super Wanita.

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel dan Emma Hayes juga menerima penghargaan manajer terbaik dari jarak jauh karena pembatasan COVID-19.

Penghargaan Ballon d'Or diberikan setiap tahun oleh France Football diberikan setiap tahun. Lionel Messi memenangkan penghargaan denga format baru untuk pertama kali pada tahun 2020.

Gelandang Barcelona Pedri juga memenangkan Trofi Kopa sebagai pemain muda terbaik Eropa setelah mengklaim penghargaan Golden Boy pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru