CLOSE [X]

Inilah 8 game esports yang dipertandingkan di Asian Games 2022, apa saja?

Kamis, 09 September 2021 | 12:52 WIB   Penulis: Arif Budianto
Inilah 8 game esports yang dipertandingkan di Asian Games 2022, apa saja?

ILUSTRASI. Inilah 8 game esports yang dipertandingkan di Asian Games 2022, apa saja?


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Inilah 8 game esports yang bakal dipertandingkan di ajang Asian Games 2022. Beberapa judul game esports akan dipertandingkan untuk memperebutkan medali, seperti PUBG Mobile, FIFA, hingga DOTA 2.

Bagi Anda yang mengikuti perkembangan esports, ada kabar menarik yang datang dari Asian Games 2022. Asian Electronic Sports Federation (AESF) baru-baru ini mengumumkan beberapa judul game esports yang akan dipertandingkan di ajang Asian Games 2022.

Pesta olahraga Asia yang digelar empat tahun sekali ini akan mempertandingakan cabang esports dengan 8 judul game yang telah dikonfirmasi. Menariknya lagi, masing-masing judul game esports yang dipertandingkan ini akan menyumbangkan medali untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Mengutip dari situs resmi AESF, beberapa judul game esports tersebut telah sesuai dengan kriteria yang memenuhi syarat, antar lain Olympic Values yang diterapkan oleh AESF dan Olympic Council of Asia (OCA). Games Ratings and Administration Committee (GRAC) lembaga yang memberikan rating video game juga telah sepakat bahwa game-game tersebut layak untuk dipertandingkan, sesuai dengan nota kesepahaman yang telah ditandatangani.

AESF dengan penuh percaya diri mengumumkan 8 judul game esports yang dipertandingkan di Asian Games 2022, sebagai berikut:

Baca Juga: Klasemen sementara MPL ID S8 Minggu ke-4, Alter Ego masih belum tergeser dari puncak

8 Game esports yang dipertandingkan di Asian Games 2022 Hangzhou

Judul game esports yang dipertandingkan di Asian Games 2022 Hangzhou

  • Arena of Valor versi Asian Games
  • DOTA 2
  • Dream Three Kingdoms 2
  • EA SPORTS FIFA 
  • Hearthstone
  • League of Legends
  • PUBG Mobile versi Asian Games
  • Street Fighter V

Seperti game-game esports yang umumnya dipertandingkan, beberapa game tersebut mengusung genre MOBA, battle royale, hingga fighting.

Tidak hanya pertandingan esports saja yang bakal meramaikan Asian Games 2022 di Hangzhou, China ini. Sebagai ajang promosi olahraga elektronik berbasis teknologi di Asian Games, dua judul tambahan juga akan ditampilkan sebagai demonstrasi, yaitu:

  • AESF Robot Masters - Powered by Migu
  • AESF VR Sports - Powered by Migu

Dua judul tersebut akan menampilkan canggihnya teknologi robot dan VR (Virtual Reality). Karena ini merupakan ajang demonstrasi, maka dua judul tersebut tidak akan menyumbangkan medali.

Sebagai informasi tambahan, ajang esports pertama kali dipertandingkan di Asian Games 2018 lalu saat Indonesia menjadi tuan rumah. Menajdi ajang demonstrasi, pertandingan esports pada saat itu tidak menyumbangkan medali resmi yang diperhitungkan secara keseluruhan.

Nah, di ajang Asian Games 2022 di Hangzhou, China ini, esports telah resmi menjadi cabang olahraga yang bakal menyumbangkan medali.

Sayang sekali, game esports yang populer di tanah air, seperti Mobile Legends dan Free Fire (FF) tidak masuk dalam daftar di atas.

Selanjutnya: Jadwal & urutan map PMPL ID Season 4 Weekdays hingga Super Weekend - Week 3

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru