Hari Ini Final Piala AFF 2020 Indonesia VS Thailand, Berapa Gaji Shin Tae-yong

Rabu, 29 Desember 2021 | 07:34 WIB Sumber: Kompas.com
Hari Ini Final Piala AFF 2020 Indonesia VS Thailand, Berapa Gaji Shin Tae-yong

ILUSTRASI. Hari Ini Final Piala AFF 2020 Indonesia VS Thailand, Berapa Gaji Shin Tae-yong


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pertandingan final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand akan berlangsung hari ini, Rabu 29 Desember 2021 pukul 19.30 WIB. Kehebatan pelatih Shin Tae-yong membawa timnas Indonesia ke final Piala AFF ke-6 kali. Lalu, berapa gaji Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia? Sampai kapan kontrak Shin Tae-yong berlaku?

Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) memang tidak pernah merilis jumlah gaji yang diberikan kepada Shin Tae-yong. Namun pada medio Desember 2020, media asal Vietnam, Danviet, memberikan bocoran daftar gaji pelatih-pelatih top yang berada di Asia Tenggara.

Nama Shin Tae-yong berada di puncak dengan bayaran satu juta dollar AS per tahun atau sekitar Rp14,2 miliar. Sehingga jika dihitung per bulan, Shin Tae-yong menerima sedikitnya Rp 1,1 miliar.

Jumlah gaji Shin Tae-yong ini lebih besar dari yang diterima kompatriotnya Park Hang Seo di timnas Vietnam. Dikutip dari media Vietnam Tuoitrenews.vn Park dibayar 50.000 dollar AS (sekitar Rp 709 juta) per bulan untuk melatih timnas Vietnam hingga 2022.

Selain gaji tetap, Park mendapat tunjangan lain termasuk tempat tinggal pribadi, mobil pribadi, dan tiket pesawat antara Vietnam dan Korea Selatan.

Baca Juga: Hari Ini (29/12) Leg 1 Final Piala AFF 2020 Indonesia VS Thailand, Cek Harga Tiketnya

Gaji Shin Tae-yong hampir sama Luis Milla

Sementara itu mengutip Kompas.com (25/12/2019), Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Soemantri menyebut gaji Shin Tae-yong hampir setara dengan pelatih timnas Indonesia sebelumnya Luis Milla. "Gaji Shin Tae-yong hampir sama (dengan Luis Milla)," kata Cucu Soemantri.

Disebutkan, gaji Luis Milla sebesar Rp 2 miliar perbulan selama hampir 2 tahun melatih timnas Indonesia. Shin Tae-yong sebelumnya mendapatkan bayaran sebesar 500 ribu dolar AS atau setara Rp 7 miliar ketika melatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Kontrak Shin Tae-yong

Publik Indonesia banyak yang berharap bahwa Shin Tae-yong tetap dipertahankan apapun hasil di final Piala AFF 2020. Hal itu mengingat hasil yang telah dibangun pelatih Korea Selatan sejauh ini. Sementara di sisi lain, PSSI kerap gonta-ganti pelatih dan tak ada yang dikontrak jangka panjang.

Dikutip dari Kompas.com (27/12/2021) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali menjamin timnas Indonesia akan mempertahankan kontrak Shin Tae-yong setelah Piala AFF. Menurut Menpora Zainudin Amali, timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong telah membuktikan kualitas meski memiliki skuad dengan rata-rata pemain usia muda.

"Saya kira kita sudah membuktikan, anak-anak kita, pelatih, coach Shin Tae-yong dan timnya sudah membuktikan," kata Zainudin Amali, dikutip dari laman resmi Kemenpora, Senin (27/12/2021).

Dengan demikian, Zainudin Amali merasa posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia akan aman seusai Piala AFF 2020. "Kita akan menjadi tuan rumah FIFA World Cup U20 2023, maka kita tetap butuh pelatih, dan Shin Tae-yong akan tetap menjadi pelatih untuk tim U20 yang bertanding. Shin Tae-yong aman. Saya menjamin itu," tutur Menpora Amali menegaskan.

Kontrak hingga 2023 Sementara itu dikutip dari laman Transfermarkt, disebutkan bahwa Shin Tae-yong dikontrak hingga Desember 2023.

Itulah gaji Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Semoga strategi Shin Tae-yong bisa mengantarkan Indonesia mengalahkan Thailand dalam final Piala AFF 2020.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berapa Gaji Shin Tae-yong dan Kapan Kontraknya Berakhir? ",

 

Penulis : Nur Rohmi Aida
Editor : Rizal Setyo Nugroho

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru