UEFA buka penyelidikan tiga klub yang belum mundur dari Liga Super Eropa

Kamis, 13 Mei 2021 | 11:10 WIB Sumber: AS
UEFA buka penyelidikan tiga klub yang belum mundur dari Liga Super Eropa

ILUSTRASI. UEFA buka penyelidikan tiga klub yang belum mundur dari Liga Super Eropa . REUTERS/Eric Gaillard.

KONTAN.CO.ID - NYON. UEFA akan membuka penyelidikan disipliner atas Real Madrid, Barcelona, dan Juventus, setelah tiga klub ini berperan dalam upaya pembentukan Liga Super Eropa yang menuai kontroversi.

Real Madrid, Barcelona, dan Juventus bisa dilarang dari kompetisi UEFA  hingga dua tahun, setelah belum mundur dari Liga Super Eropa.

Baik Madrid, Barça, dan Juve adalah tim yang belum menyatakan niat untuk mundur dari proyek tersebut. Tercatat, sudah ada 9 dari 12 anggota pendiri menarik diri untuk keluar dari Europa Super League.

Mengutip AS, dalam sebuah pernyataan Rabu (12/5), UEFA mengatakan: "Sesuai dengan Pasal 31 (4) Peraturan Disiplin UEFA, Inspektur Etika dan Disiplin UEFA hari ini telah ditunjuk untuk melakukan penyelidikan disipliner mengenai potensi pelanggaran kerangka hukum UEFA oleh 3 klub tersebut".

Baca Juga: Klub anggota LIga Super Eropa banyak yang terbelit utang, ini daftar utang mereka

Pendukung Liverpool tolak European Super League

Langkah UEFA untuk membuka proses disipliner membuatnya meningkatkan tekanan pada tiga klub tersebut. Bahkan, Real Madrid meminta keputusan pengadilan Madrid untuk mencegah badan-badan pengatur sepak bola mengambil tindakan terhadap klub Liga Super Eropa.

Dalam pernyataan bersama pada Sabtu pekan lalu, Madrid, Barça, dan Juve terus mempertahankan pendirian atas rencana Liga Super Eroppa.

Perwakilan dari 3 klub tersebut mengklaim, mereka dalam ancaman dan tekanan sehingga masih menderita. "Klub-klub pendiri telah menderita, dan terus menderita, tekanan, ancaman, dan pelanggaran pihak ketiga untuk tetap berada di Liga Super Eropa," kata mereka, seperti dikutip AS

Baca Juga: Liga Super Eropa melempem, enam klub Liga Inggris resmi mengundurkan diri

European Super League

Perwakilan tersebut masih menjanjikan solusi bagi ekosistem sepak bola melalui proposal konkret dari Liga Super Eropa.

Di sisi lain, UEFA mencapai kesepakatan dengan sembilan klub Liga Super Eropa lainnya yang sudah menyatakan mundur.

Pada Jumat pekan lalu, UEFA mengumumkan telah mencapai kesepakatan "reintegrasi" dengan sembilan klub yang pernah terlibat. Yakni, AC Milan, Arsenal, Atlético Madrid, Chelsea, Inter Milan, Liverpool, Manchester City, Manchester United, dan Tottenham Hotspur.

Selanjutnya: Menyaingi European Super League, UEFA dapat pendanaan dari Centricus € 6 miliar

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru