CLOSE [X]

Nielsen: Penggemar Pengaruhi Pertandingan Olahraga Global dan Bentuk Pemasaran Konten

Selasa, 08 Maret 2022 | 18:02 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
Nielsen: Penggemar Pengaruhi Pertandingan Olahraga Global dan Bentuk Pemasaran Konten

ILUSTRASI. Suasana di lapangan saat para penggemar bersiap menyaksikan pertandingan sepak bola


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nielsen Sports, meluncurkan laporan bertajuk "Penggemar Mempengaruhi Pertandingan", sebuah laporan pemasaran olahraga global tahun 2022.

Laporan ini mengungkapkan perilaku baru yang telah diadopsi para penggemar selama pandemi untuk tetap terhubung dengan olahraga dan tim yang mereka ikuti, baik melalui peningkatan kegiatan media sosial, bertaruh, menonton bersama, dan lain-lain.

Laporan menyoroti bagaimana Nielsen memprediksi  "Fandom"  pada tahun 2022 akan mempengaruhi model pensponsoran, distribusi konten, kebangkitan kripto, e-sport, dan olahraga wanita.

Nielsen mengurai, dengan perkembangan perangkat yang terkoneksi, 40,7% dari penggemar olahraga global kini melakukan streaming olahraga langsung melalui platform digital.

Baca Juga: Nielsen Rilis Laporan Pemasaran Olahraga Global Tahun 2022, Simak Isinya

Dengan demikian, telah terjadi peningkatan dalam hak media over-the-top (OTT) yang mencakup lonjakan sebesar 19% untuk liga sepak bola Eropa teratas selama dua tahun terakhir pada tingkat lokal, dan peningkatan sebesar 31% diperkirakan akan dialami oleh ATP Tour tenis pria selama tahun 2023.

Keseluruhan permintaan konten tetap tinggi untuk siaran non-acara, seperti sorotan utama, video rekap, dan lain-lain, yang mana hampir sebanyak acara itu sendiri. Nielsen memperkirakan bahwa 39,4% dari penggemar global akan menonton konten non-langsung yang terkait dengan acara olahraga yang ditayangkan langsung.

Lebih lanjut, menonton acara olahraga telah beralih ke pengalaman multi-layar, di mana 47% dari orang yang menonton acara olahraga juga secara bersamaan berinteraksi dengan konten tayangan langsung lainnya, hal ini meningkat sebesar 5% sepanjang tahun lalu.

Nielsen memperkirakan ada peningkatan tahun ke tahun sebesar 146% dalam investasi sponsor terpisah dalam  olahraga wanita  (UEFA, FIFA, World Rugby) dibanding peningkatan sebesar 27% pada tahun 2020.

Dengan meningkatnya jumlah siaran olahraga wanita, kini ada peningkatan peluang pensponsoran khusus olahraga wanita, dan ini berarti bahwa banyak merek yang secara efektif menjangkau konsumen yang sebelumnya belum dijangkau melalui pensponsoran pada olahraga pria.

Editor: Yudho Winarto

Tag
Terbaru